SEJARAH SATAS OTOMOTIF CLUB

SEJARAH SATAS OTOMOTIF CLUB


Daftar Isi 


  • Latar belakang
  • Waktu pendirian, visi dan misi
  • Kode etik
  • Lambang
  • Fungsi, peran dan tujuan SOC


Latar belakang

SOC dibentuk atas inisiatif Iqbal, Dede, Tinton, dan beberapa siswa lain yang saat itu merupakan siswa kelas 3 (XII) SMAN 1 Tasikmalaya. Sebelum SOC terbentuk, para siswa ini sering berkumpul hanya untuk menghabiskan waktu luang tanpa tujuan yang jelas. Namun, seiring berkembangnya geng dan klub yang kurang terarah di Kota Tasikmalaya, serta banyaknya siswa SMA yang terjerumus ke dalam kelompok tersebut, mereka mulai memikirkan untuk membentuk klub sendiri. Tujuannya adalah memiliki klub yang memiliki payung hukum resmi, baik dari pemerintah maupun sekolah, sehingga siswa tidak perlu bergabung dengan kelompok luar yang keamanannya belum terjamin. Dari situ, lahirlah ide untuk membentuk Satas Otomotif Club (SOC). Dengan banyaknya minat dari siswa kelas 10 (X) dan kelas 11 (XI) pada waktu itu, serta dukungan dari beberapa guru, para pendiri SOC semakin mantap merealisasikan klub ini. Setelah melalui pemikiran matang dan musyawarah, tersusunlah AD/ART dan lambang resmi sebagai fondasi SOC sebagai sebuah organisasi. SOC akhirnya disahkan dalam kegiatan touring pertama mereka di Pangandaran. Kini, SOC telah menjadi organisasi resmi di SMAN 1 Tasikmalaya dan menjadi anggota aktif dari POT.


Waktu pendirian

Satas Otomotif Club didirikan pada 13 Oktober 2004 dibawah naungan Paguyuban Otomotif Tasikmalaya (POT) dan OSIS SMAN Negeri 1 Tasikmalaya.

Visi

Menciptakan siswa/i Satas yang kreatif dan inovatif khususnya dalam bidang otomotif berlandaskan IMTAQ dan IPTEK.

MISI

  • Membantu siswa/i yang ingin menyalurkan bakat dibidang otomotif agar bisa dikembangkan secara optimal.
  • Menjalakan kewajiban sebagai siswa/i SMAN 1 Tasikmalaya.
  • Mencari tahu dan menguasai pengetahuan dibidang otomotif agar bisa bermanfaat untuk jangka panjang.
  • Memiliki rasa semangat bersaing dengan organisasi otomotif lainnya.
  • Berpartisipasi dalam kegiatan atau event yang berhubungan dengan bidang otomotif.

 

Kode Etik

  1. Kami anggota SOC siap membela SOC.
  2. Kami anggota SOC siap mentaati peraturan sekolah, masyarakat dan lalu lintas.
  3. Kami anggota SOC siap membantu organisasi otomotif lainnya.
  4. Kami anggota SOC siap untuk saling menghormati menghargai antar anggota, pengurus, dan alumni.
  5. Kami anggota SOC siap menjaga sikap dan etika disekolah, masyarakat, dan lalu lintas


Pengertian Lambang 

Lambang SOC berbentuk lingkaran dengan nama organisasi di tengahnya, menggambarkan identitas organisasi tersebut. Di samping, terdapat gambar kunci pas dan pensil yang melambangkan semangat pelajar yang terlibat dalam bidang otomotif, menekankan keterampilan teknis dan intelektual. Warna-warna dalam lambang memiliki makna khusus: biru melambangkan solidaritas, putih melambangkan kesucian, dan merah melambangkan keberanian.



Fungsi dan peran SOC

Sebagai wahana dan sarana pengembangan minat dan bakat yang berkualitas, berwawasan, kreatif, dan mandiri. Serta ikut andil dalam mewujudkan tujuan pemerintah dan proses pembudayaan lalu lintas dengan disiplin tinggi serta saling menghormati antar pengguna jalan dalam upaya mencapai tertib lalu lintas dan menjalin tali persaudaraan dengan klub-klub otomotif pada umumnya.


Tujuan Organisasi SOC

Tujuan dari SOC adalah untuk mewadahi siswa-siswi SMAN 1 Tasikmalaya yang ingin berorganisasi di bidang otomotif. Dengan bergabung di SOC, siswa-siswi dapat mengembangkan minat otomotif mereka dalam lingkungan yang positif, dibandingkan dengan organisasi otomotif non-pelajar atau geng yang kurang terarah.

Struktur Kepengurusan

                                  
  • KETUA
  • WAKIL KETUA
  • SEKRETARIS
  • BENDAHARA
  • HUMAS
  • TERTIB
  • DANVOI
  • SWEEPER
  • PI/PO
  • KONSEPTOR
  • DEKDOK


Tugas dan peran kepengurusan SOC


•Ketua:mengkoordinasikan kegiatan dan pengembangan organisasi,bertanggung jawab terhadap seluruh keputusan musyawarah dan melaksanakan program kerja.

•Wakil Ketua:membantu serta mendampingi ketua dalam menjalankan organisasi (SOC) bertanggung jawab atas administrasi organisasi dan membantu ketua dalam tugas tugas organisasi.

•Sekretaris: Sekretaris secara formal bertugas dan bertanggung jawab terhadap pengadaan administrasi, bekerja sama dengan anggota lainnya untuk melaksanakan dan menyukseskan program kerja & pengarsipan terhadap dokumen dokumen.

•Bendahara: Bendahara adalah orang yang ditunjuk untuk menerima, menyimpan,membayarkan,menatausahakan, dan mempertanggung jawabkan uang untuk keperluan organisasi (SOC).

•Humas:Humas adalah praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat,humas dapat mencakup sebuah organisasi atau individu yang mendapatkan eksposur ke khalayak mereka menggunakan topik kepentingan public.

•Tartib:Penegak tata tertib untuk seluruh anggota dan pengurus,seperti kerapihan motor,kelengkapan berkendara dan sebagainya.

•Danvoi:Road Captain adalah sebagai 'pemimpin' saat rolling maupun touring,dan mengatur atau bertanggung jawab di jalan berangkat hingga pulang.

•Sweeper:Sebagai pengatur/pembuka jalur untuk pengendara lain dan berada di sebelah kanan untuk mengatur barisan,Sweeper juga bertugas untuk mengingatkan dan memperjelas perintah dari komandan konvoi (DANVOI).

•PI/PO:Pemateri Internal (PI),Pemateri Otomotif (PO). bertugas untuk memberikan pemahaman atau materi tentang otomotif atau sepedah motor disebuah organisasi otomotif.

•Konseptor:Bertugas untuk mengkonsepkan untuk keberlangsungan berjalannya program kerja dalam organisasi SOC.

•Dekdok:Bertugas untuk mendokumentasikan/mengabadikan sebuah momen dalam setiap berlangsungnya program kerja.



Comments

Popular posts from this blog

Materi SOC