Materi SOC
MATERI KEPEMIMPINAN DAN PEMIMPIN
LATAR BELAKANG
KEPEMIMPINAN ADALAH SALAH SATU ASPEK YANG SANGAT PENTING DALAM DUNIA BISNIS DAN ORGANISASI. BUKAN HANYA MENJADI DOMAIN PARA EKSEKUTIF ATAU MANAJER, KEPEMIMPINAN ADALAH KUALIATAS YANG SANGAT DIMILIKI OLEH SETIAP INDIVIDU DALAM BERBAGAI TINGAKATAN DAN BIDANG. DALAM ARTIKEL INI, KITA AKAN MENJELAJAHI ESENSI KEPEMIMPINAN, PERBADAANYA DENGAN SEKEDAR MENJADI PEMIMPIN, TUJUAN, FUNGSI, GAYA, DAN TEORI-TEORI YANG MENDASARINYA.
KEPEMIMPINAN
MENURUT KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA (KBBI), PENGERTIAN KEPEMIMPINAN ADALAH PERIHAL PEMIMPIN ATAU CARA MEMIMPIN.SECARA HARFIAH, KEPEMIMPINAN BERASAL DARI KATA DASAR “PIMPIN”YANG MEMILIKI ARTI MENGARAHKAN, MEMBINA, MENGATUR, MENUNTUN, MENUNJUKKAN, ATAU MEMENGARUHI.SEMENTARA ITU, CIVITAS AKADEMIKA DI AMERIKA SERIKAT MENYEBUTKAN PENGERTIAN KEPEMIMPINAN SEBAGAI SEBUAH PROSESPENGARUH SOSIAL YANG DI DALAMNYA SESEORANG DAPAT MELIBATKAN BANTUAN DAN DUKUNGAN SELAINNYA DALAM USAHA MENCAPAI SUATUTUGAS BERSAMA.
PERBEDAAN KEPEMIMPINAN DAN PEMIMPIN
KEPEMIMPINAN
kepemimpinan sebenarnya adalah atribut yang dapat dikembangkan dan dimiliki oleh individu melalui pengalaman, pembelajaran, dan pengembangan pribadi. Sehingga seorang pemimpin belum tentu memiliki jiwa kepemimpinan, namun seseorang dengan jiwa kepemimpinan yang tinggi akan diakui sebagai seorang pemimpin di antara kelompoknya.
Pemimpin adalah individu yang memiliki wewenang formal dalam suatu organisasi, seringkali ditunjuk atau dipilih untuk memegang posisi tertentu. Di sisi lain, kepemimpinan adalah peran yang dapat diadopsi oleh siapa pun, terlepas dari pangkat, jabatan, atau status mereka dalam hierarki organisasi. Artinya, pemimpin mungkin saja diangkat atau dilantik,
1.Mengkomunikasikan Visi Salah satu peran utama seorang pemimpin adalah mengkomunikasikan visi dan tujuan organisasi kepada seluruh tim. Ini membantu menginspirasi dan memotivasi anggota tim untuk bekerja menuju visi bersama.
KEPEMIMPINAN BUKAN HANYA TENTANG MEMILIKI JABATAN, TETAPI TENTANG KEMAMPUAN UNTUK MEMOTIVASI, MENGARAHKAN, DAN MEMPENGARUHI ORANG LAIN. DALAM DUNIA YANG TERUS BERKEMBANG INI, PEMIMPIN YANG EFEKTIF ADALAH ASET BERHARGA BAGI SETIAP ORGANISASI. UNTUK MEMAHAMI LEBIH DALAM TENTANG KEPEMIMPINAN.
MATERI ORGANISASI
DEFINISI
MANUSIA MERUPAKAN MAKHLUK SOSIAL YANG HIDUPNYA BERKELOMPOK DAN TIDAK DAPAT HIDUP SENDIRIAN, OLEH KARENA ITU MANUSIA SANGAT MEMBUTUHKAN SOSIALILASI UNTUK MENGEMBANGKAN DIRI,ILMU YANG MEREKA MILIKI DAN BELAJAR LEBIH BANYAK, BIASANYA EFEK DARI BERSOSIALISASI TERSEBUT MENGHASILKAN SEBUAH KELOMPOK YANG MEMILIKI SATU TUJUAN, MEMILIKI STRUKTUR, DAN MEILIKI PERATURAN,KELOMPOK TERSEBUT DI BERI NAMA ORGANISASI
ORGANISASI DAPAT DIARTIKAN SEBUAH KESATUAN ATAU ENTITY YANG TERDIRI DARI BANYAK ORANG. BISA BERUPA INSTITUSI, ASOSIASI ATAU LEMBAGA, YANG MEMILIKI TUJUAN YANG SAMA ORGANISASI PADA DASARNYA DIGUNAKAN SEBAGAI TEMPAT ATAU WADAH BAGI ORANG- ORANG UNTUK BERKUMPUL, BEKERJA SAMA SECARA RASIONAL DAN SISTEMATIS, TERENCANA, DAN TERPIMPIN
JENIS - JENIS
- ORGANISASI FORMAL
- ORGANISASI INFORMAL
- ORGANISASI NON FORMAL
ORGANISASI FORMAL MERUPAKAN ORGANISASI TERDAFTAR SECARA LEGAL.MEMILIKI STRUKTUR YANG JELAS,MEMILIKI TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB,MEMILIKI TUJUAN YANG JELAS,TELAH DIAKUI RESMI, SERTA MEMILIKI LANDASAN HUKUM TERTENTU YANG TIDAK BOLEH DI LANGGAR,
ORGANISASI INFORMAL
VOLUNTARY ASSOCIATION ATAU ORGANISASI INFORMAL YANG TERDIRI DARI RELAWAN DAN MEMILIKI TUJUAN TERTENTU. SEBAGAI CONTOH KOMUNITAS, FORUM, FANBASE ATAU KLUB TERTENTU.
ORGANISASI NON FORMAL
ORGANISASI NON FORMAL DAPAT BERARTI SEBAGAI PERKUMPULAN YANG TERBENTUK SECARA SPONTAN ANTARA BEBERAPA ORANG, HUBUNGAN DI ANTARA ANGGOTANYA BERSIFAT PERSONAL. NAMUN MEREKA TIDAK DI BEBANI TUGAS, TANGGUNG JAWAB, DAN KONSEKUENSI YANG BERAT MAUPUN KETAT.
dan aturan. Serta pembagian kerja mengenai apa yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh para anggota dalam organisasi.
2. Fungsi organisasi selanjutnya ialah untuk meningkatkan skill dan kemampuan dari anggota organisasi. Dalam upaya mendapatkan sumber daya dan dukungan dari lingkungan.
3. Fungsi organisasi yang terakhir, yakni memberikan pengetahuan. Serta mencerdaskan tiap anggota organisasi.
SHOCKBREAKER PADA KENDARAAN RODA 2
SHOCKBREAKER
Apa itu Shockbreaker?
1.Shockbreaker merupakan sebuah komponen yang paling vital pada bagian motor.
2.Letaknya berada di depan dan belakang motor di antara roda. Komponen tersebut sangat membantu kendaraan motor ketika melewati jalan yang terjal atau tidak rata. Ia juga mampu menstabilkan dan menghindari kerusakan komponen lainnya saat terkena guncangan.
3.Sebagai pengendara sepeda motor, Anda harus mengerti pengertian dasar mengenai shockbreaker ini. Pentingnya mengenal shockbreaker adalah supaya tahu fungsi penting dari komponen tersebut dan bisa mencegah Kerusakannya.
Shockbreaker adalah peredam kejut bagi sepeda motor, seperti yang terbuat dari bahan logam baja. Penggunaan logam baja sebagai bahan dasar memiliki tujuan supaya shockbreaker memiliki daya tahan yang cukup lama. Fungsinya adalah sebagai peredam goncangan sehingga bodi tidak bergoyang berlebihan akibat melewati jalan bergelombang.
Jika pengendara mengenai gundukan atau medan, melintas di jalan berlubang, komponen ini berperan untuk meredam gerakan saat per keongnya bergerak keatas atau ke bawah. Prinsip kerjanya yaitu menekan pegas melalui minyak sehingga dapat mengembangkan gesekan hydrolic yang diperlukan. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan gerakan suspensi yang berlebihan. Dan juga untuk menjaga kenyamanan anda dalam berkendaraan.
JENIS - JENIS SHOCKBREAKER DEPAN
Pada Shockbreaker bagian depan memiliki 2 jenis shockbreaker yaitu sebagai berikut:
Shockbreaker Depan :
1.Telescopic Male Slider: Ciri utama jenis shockbreaker teleskopik adalah terletak pada sistem redaman yang terjadi dalam tungkai. Fungsinya adalah untuk menahan roda sehingga dalam satu sisi roda hanya terdapat satu buah tungkai yang terdiri dari 2 tabung.
2.Telescopic Interved: Shockbreaker jenis telescopic inverted memiliki tabung berdiameter lebih besar terjepit di triple clamp. Pada tipe ini sepeda motor lebih sensitif dan resistensi yang lebih baik terhadap fleksibilitas. Dalam kondisi ini, pengendara perlu lebih teliti pada roda depan.
JENIS - JENIS SHOCKBREAKER BELAKANG
Shockbreaker belakang memiliki 2 jenis shockbreaker yaitu sebagai berikut:
1. Tipe dual shock Yang pertama adalah tipe dual shock karena dipasang pada bagian kiri dan kanan mengapit roda belakang motor. Suspensi ini biasanya ada pada motor yang sering membawa beban berat. Penggunaan dual shock dipercaya meminimalisir guncangan akibat jalanan yang kasar.
2.Tipe monoshock Tipe monoshock terdiri dari 2 jenis lagi, yaitu tipe langsung dan tipe link. Tipe langsung merupakan tipe shockbreaker yang langsung dipasang tanpa perantara apapun pada chasis dan arm. Akan tetapi, jenis monoshock ini tidak efektif untuk membawa beban berat.
PENYEBAB MOTOR MOGOK DAN CARA MENGATASINYA
Motor mogok tentu tidak akan terjadi begitu saja, apalagi jika motor tersebut berada dalam kondisi sehat. Oleh karena itu, sebelum mengetahui cara mengatasi motor mogok, kamu perlu mengetahui terlebih dulu penyebab motor tersebut mogok di jalan. Biasanya, penyebab motor mogok bersumber dari mesin kendaraan itu sendiri, berikut beberapa penyebab motor mogok di jalan.
KEHABISAN BAHAN BAKAR
Penyebab paling sering kendaraan tiba-tiba mogok adalah ketika kamu lupa mengecek bahan bakar atau bensin. Jika hal ini terjadi dapat dipastikan kendaraan tidak akan bisa berjalan. Ketika bahan bakar habis, maka aliran atau suplai bahan bakar ke ruang pembakaran otomatis akan berhenti. Artinya, mesin tidak menerima suplai bahan bakar yang digunakan untuk melakukan pengapian yang membuat mesin menyala dan kendaraan berjalan.
SALAH MEMILIH BAHAN BAKAR
Setiap jenis motor memiliki tipe bahan bakar sendiri yang direkomendasikan oleh produsen motor tersebut. Pemilik kendaraan sebaiknya mengisi bahan bakar sesuai dengan kebutuhan motor tersebut. Pasalnya jika salah memilih bahan bakar, bisa menyebabkan motor yang mati tiba-tiba bahkan mesin cepat rusak. Untuk menghindari motor mogok tiba-tiba, pilih jenis bahan bakar yang memiliki kadar oktan cukup tinggi. Semakin tinggi kadar oktan maka akan semakin bagus untuk proses pembakaran mesin. Tidak hanya itu, bahan bakar dengan kadar oktan tinggi juga rendah polutan.
Kran saluran tertutup ini bisa terjadi karena adanya sumbatan oleh kotoran, dan bisa karena disengaja ataupun hal lainnya. Jika kran bensin tertutup maka bensin tidak bisa mengalir sehingga menyebabkan mesin tidak bisa dihidupkan karena tidak ada sumber bahan bakar. Oleh sebab itulah, jika menemukan motor tiba-tiba mogok padahal bensin penuh, coba cek kran saluran bensin apakah sudah terbuka dengan baik atau belum.
MESIN PANAS (OVERHEAT)
Mesin yang terlalu panas juga bisa menyebabkan motor mogok secara mendadak. Hal ini bisa terjadi jika motor digunakan dalam waktu yang cukup lama secara terus menerus. Mesin yang terlalu panas membuat piston menjadi memuai yang akhirnya macet karena pelumas sudah tidak mampu meredam. Biasanya mesin yang overheat ditandai dengan motor mogok seperti kehabisan bensin. Untuk mengatasi masalah mesin overheat ini, motor harus diistirahatkan sampai mesin benar-benar dingin agar mesin menjadi normal kembali. Setelah mesin benar-benar dingin, sebenarnya motor sudah bisa digunakan kembali. Akan tetapi agar performa semakin bagus, coba lepaskan businya terlebih dahulu kemudian oleskan sedikit pelumas pada lubang busi dan piston yang mungkin saja tersumbat akibat dari overheat tersebut.
PERIKSA KONDIDI RING PISTON MOTOR
Mesin motor yang terlalu panas bisa membuat gesekan piston menjadi semakin besar. Jika dipaksakan terus berjalan, piston bisa memuai dan macet atau selip. Ini merupakan salah satu penyebab motor mogok yang perlu kamu waspadai. Jika motor mati disebabkan oleh overheat sehingga membuat piston bermasalah, cara mengatasinya adalah periksa kondisi ring piston. Apabila macet atau selip, coba berikan pelumas atau oli di sela-sela ring piston agar gesekan normal kembali.
BUSI BERMASALAH
Busi berfungsi sebagai alat pengapian yang menghasilkan percikan api sehingga menghasilkan pembakaran dari campuran bahan bahan bakar dan udara. Ledakan kecil yang terjadi inilah yang menyebabkan mesin menyala. Busi yang bermasalah bisa terjadi karena busi tersebut memang rusak dan sudah tidak bisa digunakan lagi, dan bisa juga karena terjadi masalah pada kabel busi. Biasanya kabel busi bermasalah ketika terdapat kotoran yang menyumbat. Kemungkinan lainnya adalah ketika terjadi kepala busi kotor, dan bisa juga karena busi sudah rusak sehingga tidak bisa lagi menghasilkan percikan api.
Memasang klep yang tidak tepat juga bisa menyebabkan motor mogok. Kondisi ini biasanya terjadi setelah motor diservis atau dirawat di bengkel yang tidak resmi. Biasanya montir akan mencopot klep terlebih dahulu agar proses perawatan lebih mudah. Akan tetapi pada saat pemasangan, klep tidak dipasang dengan benar sehingga bisa menyebabkan motor menjadi mogok tiba-tiba. Klep yang tidak dipasang dengan tepat bisa menyebabkan motor tiba-tiba mati dan tidak bisa di engkol atau starter. Pemasangan klep yang terlalu rapat bisa membuat mesin lebih cepat overheat yang menjadi penyebab utama motor menjadi mogok.
OLI MESIN HABIS
Oli merupakan salah satu komponen penting bagi kendaraan bermotor. Oli berfungsi sebagai bahan perapat antar komponen kendaraan sekaligus menjadi pelumas untuk mengurangi gesekan antar komponen mesin yang bisa menyebabkan timbulnya panas. Jika oli mesin habis, maka gesekan antar komponen semakin besar sehingga membuat mesin menjadi lebih cepat panas. Hal ini bisa menjadi pemicu motor mogok. Oli yang semakin lama digunakan jumlahnya akan berkurang dan kotor. Jadi, oli mesin harus diganti secara berkala untuk memastikan performa motor tetap bagus. Jika tidak, bisa menyebabkan motor mati tiba-tiba dan tidak bisa distarter. Lebih parah lagi, jika kendaraan tetap dipaksa berjalan meskipun oli habis, bisa menyebabkan mesin jebol dan motor tidak bisa digunakan lagi. Oleh sebab itulah, pastikan rutin mengganti oli mesin setidaknya satu bulan sekali.
Oli mesin sendiri memiliki banyak jenis yang bisa dibedakan berdasarkan bahan bakunya. Beberapa diantaranya seperti oli mineral, oli vegetable, oli synthetic, dan oli semi synthetic. Ada pula jenis oli lainnya seperti oli cair dan kental. Untuk menghindari motor yang tiba-tiba mogok, pastikan pilih jenis oli yang memang sesuai dengan kebutuhan mesin motor.
KESIMPULAN
Motor yang tiba-tiba mati atau mogok bisa disebabkan oleh berbagai penyebab. Akan tetapi semua hal tersebut biasanya disebabkan oleh pemilik kendaraan yang kurang memperhatikan kondisi motornya. Jadi pastikan kamu melakukan servis secara rutin di bengkel resmi untuk menghindari motor mogok secara mendadak. Jika motor kalian mogok atau mati tetapi tidak ada penyebab- penyebab tersebut alangkah baiknya diperiksa oleh orang yang lebih handal seperti tukang bengkel agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Comments
Post a Comment